Minggu, 30 Oktober 2016

Niat yang utama

















Semua butuh proses



Perkenal kan namaku MIftah hurziqiah aku lebih dikenal dengan nama Salmah ( jangan tanya, kenapa jauh amat sama nama aslinya? Karena ceritanya panjang ).Arsitek bukan lah cita citaku sejak kecil, dulu yg selalu aku cita citakan ialah menjadi seorang dokter (karena mikirnya keren aja kalo bisa jadi dokter) tetapi seiring berjalannya waktu aku mulai mengenal diriku  dan mulai memantas kan diri untuk sesuatu hal yg akan aku hadapi kedepannya. Aku sangat mencintai seni mulai dari Teater, tradisional dance, modern dance, nyanyi, menggambar, mendesain , fotomodel, bermain musik ,fashionstylist,apapun itu yg berhubungan dengan seni aku sangat menyukainya , aku sangat menyukai hal hal baru .belajar dari hal yg baru aku liat , dengar dan aku rasakan.menurutku seni ada lah gaya hidup ku , dengan seni aku banyak mendapat  sebuah proses dan dengan seni juga aku berkembang dan membuka mataku lebar lebar bahwa dunia itu sangat lah luas dan banyak hal yg belum kita ketahui dan perlu kita pelajari. Yah di kelas 3 SMA aku baru tertarik untuk mengambil jurusan tehnik arsitektur,walaupun agak sedikit melenceng dari passion aku yg sesungguhnya . menurutku tehnik arsitektur mempunyai prospek kerja yg sangat menjanjikan,
beberapa di antaranya : 


Perusahaan Kontraktor

Arsitek dapat menjadi perancang bangunan sesuai permintaan klien. Tugas atau peran arsitek pada perusahaan kontraktor dan dengan berbagai tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan arsitektur seperti pembelian lapangan lahan dan pemasaran serta pembuatan kontrak.
Pegawai Negeri Sipil Arsitektur

Lulusan arsitektur dapat bekerja di pemerintahan seperti kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota untuk mengatur tata wilayah kota yang ada.
Developer Arsitektur

Pengembang perusahaan perumahan dan menjadi perancang bangunan yang akand didirikan pengembang dalam pengawasan lahan proses pembangunan rancangan bangunan yang ada.
Dosen Arsitektur

Saat ini perkembangan dunia arsitektur masih sangat luas sehingga peluang untuk menjadi pengajar arsitek dalam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta masih sangat dibutuhkan. Selain itu seorang lulusan arsitektur bisa mengajar di sekolah terutama jurusan yang membahas tentang perancangan bangunan.

Dan masih banyak lagi .

walaupun aku tau ini bakalan susah banget buat aku yg bener bener ga punya dasar apa apa di SMA .dan aku harus belajar dari NOL karena aku sama sekali ga ngerti soal sketch sketch rumah dan ruangan. Aku juga udah ngebayangin betapa beratnya nanti aku akan bersaing dengan orang orang yang sudah punya dasar karena mereka dari smk yg benar benar mempelajari tentang arsitektur. Apakah aku bisa setara dengan mereka ? Apakah aku mampu di sandingkan dengan mereka? Apa kah aku akan bertahan hingga kelak nama ku bertambah gelar menjadi MIFTAH HUR ZIQIAH S.Arch ? ..... Dan itu semua adalah pertanyaan dari ketakutanku .dan yang tepatnya mau tidak mau suka tidak suka harus aku jawab sendiri. Mamah selalu bilang" JALANI karena itu PILIHANMU " dan dari kalimat itu pula aku kuat dan aku yakin aku bisa. Tepat tanggal 22 agustus 2016 aku lolos tes USM di unikom gelombang ke 2 yaitu jurusan tehnik arsitektur ,yah sebelum memutus kan untuk mengambil unikom aku sudah mencoba di negri tapi ternyata belom rezeki. Dan aku bersyukur ternyata cewe lumayan banyak yg ada di tehnik arsitektur unikom da  sebagian besar mereka dari SMA negeri .itu berarti aku ga sendiri dong yah.oya namanya juga tehnik pasti dominan cowok, yah dari 53 mahasiswa cewe hanya 12 orang dan sisa nya cowo semua .tapi aku lebih bersyukur lagi beberapa dari mereka  tidak pelit ilmu dan mau berbagi. Dan sekarang aku percaya semua pasti bisa di lalui dengan ada nya NIAT , karena tanpa NIAT semua tidak akan terjadi begitu saja. Di semester awal ini aku benar benar merasakan bagaimana menjadi seorang mahasiswa tehnik arsitektur dimana tugas numpuk , mesti gadang karena tugas studio, harus survey belom lagi kalo tempat survey nya dapet yg jauh banget . Hehe mungkin kata kaka kaka tingkat " ah lebay kalian gitu aja udah ngeluh,belom ngerasain jadi kita yg gadang nyampe 3 hari ga makan ?" Apa ! Sampai sesakit itu jadi anak arsitektur . Syukurnya  belom ngerasain sekarang sih yah . Menurut pengalaman kenapa sih kita bosa ngerjain nyampe gadang gitu? Yah karena kita terlalu mengulur waktu dosen sudah memberi kan kita satu minggu full untuk ngerjain tugas itu tapi karena kita tidak memanage waktu dengan baik yah ngerjainnya H-1 sebelum deadline alhasil pas ngumpulin tugas muka udah kaya zombie karena tidur cuma 1 jam. Dan Itu artinya Kita harus pinter pinter management waktu, apa yang harus di selesaikan dulu dan mana yang harus di dahulukan dulu. Agar bisa ngumpulin tugas tepat pada waktunya. Ingat semua butuh perjuangan. Jangan Gebetan aja yg kamu perjuangin, tapi masa depan di lupain . Seperti kata pepatah Bersakit salit dahulu bersenang senang kemudian. Yah nikmati saja proses ini mana tau kelak kita akan masuk sebagai 10 orang terkaya di dunia (amin) 


(Bandung, 30 oktober 2016 , 13.45)

1 komentar:

  1. Mantabbbb mbak salma .... succes sllu ... jangan lupa main ke lamongan lagi ...

    BalasHapus